Skip to content

Program Pendidikan

PROGRAM PENDIDIKAN

1. Program Pendidikan Pada IAIN Raden Fatah Terdiri Atas :

  • Program pendidikan akademik, yang bertujuan memberikan penguasaan dan pengembangan ilmu pengetahuan agama islam.
  • Program pendidikan profesional, yang bertujuan memberikan kesiapan penerapan keahlian profesional yang bertujuan memberikan kesiapan penerapan keahlian profesional dalam salah satu bidang ilmu pengetahuan agama islam.
  • Program pendidikan akademik pada IAIN Raden Fatah adalah program sarjana.
  • Program pendidikan profesinal pada IAIN Raden Fatah terdiri atas program diploma, program akta, dan program spesialis.
  • Jika kebutuhan menghendaki, dapat diadakan program khusus.

2. Jenjang Pendidikan

  • Program Strata Satu (S1)

Program S1 adalah program akademik untuk memperoleh gelar sarjana dalam ilmu-ilmu keislaman. Lama masa studi antara 10-14 semester, paling cepat 8 semester (4 tahun) dan paling lama 14 semester (7 tahun), terhitung dari mulai terdaftar sebagai mahasiswa pada semester pertama.

Program sarjana (S1) bertujuan menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan untuk memahami secara mendalam salah satu bidang ilmu agama islam sebagai keahlian khusus, serta memiliki keahlian dan keterampilan untuk bekerja secara profesional dalam salah satu bidang ilmu agama islam.

Program S1 di IAIN Raden Fatah dilaksanakan di lima fakultas yaitu, Fakultas Syari’ah, Tarbiyah, Ushuluddin, Adab, dan Dakwah. Pendidikan akademik pada fakultas-fakultas diarahkan terutama pada penguasaan ilmu pengetahuan program S1 agama islam dan penerapan keahlian bidang ilmu agama islam. Alumni program S1 diberikan gelar akademik.

  • Program Diploma Dua (D2)

Program D2 adalah program non-gelar (S-0) dengan masa studi antara 5-8 semester. Tujuan program D2 adalah untuk menyiapkan calon tenaga profesional yang beriman dan bertaqwa terhadap Allah SWT, berwawasan Pancasila dan UUD’45, serta berkualifikasi dalam bidang profesi yang digelutinya.

Di IAIN Raden Fatah program D2 baru dilaksanakan oleh Fakultas Tarbiyah dan difokuskan pada peningkatan kualitas profesional guru-guru agama ditingkat pendidikan dasar. Fakultas iain juga diperkenankan menyelenggarakan program diploma sesuai kebutuhan.

  • Program Diploma Tiga (D3)

Program D3 adalah program pendidikan untuk menyiapkan tenaga profesional yang berkualitas keimanan, ketaqwaan, keilmuan dan berakhlak mulia dengan masa studi antara 6-10 semester. Program D3 di IAIN Raden Fatah dilaksanakan oleh Fakultas Syari’ah yang fokuskan pada perbankan syari’ah.

  • Program Pascasarjana (S2)

Program S2 adalah program pendidikan untuk menyiapkan tenaga ahli dalam disiplin ilmu dari ilmu-ilmu keislaman dengan masa studi maksimum 4 tahun.

  • Program Akta

Program akta yang dilaksanakan di IAIN Raden Fatah adalah Akta IV. Program ini diselenggarakan oleh Fakultas Tarbiyah dan diperuntukan bagi guru-guru bidang studi Pendidikan Agama Islam di berbagai sekolah menengah, baik dilingkungan Departemen Agama maupun Departemen Pendidikan Nasional yang ingin meningkatkan kemampuan profesional mereka.

Program ini dimaksudkan untuk menjadi wadah bagi para dosen ilmu-ilmu kependidikan untuk meningkatkan kualitas profesi mereka dan mengembangkan kemempuan karis sejalan dengan misi tri dharma perguruan tinggi.

Secara khusus, program Akta IV bertujuan untuk meningkatkan wawasan keilmuan di bidang kependidikan, khususnya Pendidikan Agama Islam kepada guru agama islam sekolah menengah yang memiliki latar belakang program S1 non-Tarbiyah. Program Akta IV memperoleh pengakuan kemampuan akademik dan profesional pendidikan agama islam yang disetarakan dengan alumni program S1 Tarbiyah.

tulisan pada halaman ini diambil dari buku PEDOMAN AKADEMIK IAIN RADEN FATAH PALEMBANG 2007/2008

Iklan
Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: