Skip to content

arti kata lebay menurut para blogger

15 Oktober 2011

sebenarnya ane ambil ni tema karena rasa sedih..

🙂

coz, g jarang ane dibilang lebay ma PH 9puja’an hati).. jadi, apakah sebenarnya kata lebay itu.. menurut para blogger..

1. ni ane copas dari Kangmoes

Secara sederhana pengertian atau arti kata lebay adalah “berlebihan”. Sebenarnya definisi disini lebih pada kesepakatan bersama. Karena kalau kita cari di kamus besar bahasa indonesia (KBBI) kita tidak akan menemukannya. (Percayalah, kangmoes sudah membuktikannya :) )
Artinya, kita justru berpeluang lebih besar menemukan arti kata lebay jika kita tanya orang2 “gaul” disekitar kita. Dulu kangmoes sendiri menemukan arti kata lebay dari teman dekat kangmoes.
Meskipun tidak sama, pengertian kata lebay sebagai berlebihan, dapat kita padankan dengan kata hiperbol. Hiperbol ada dalam kamus besar bahasa indonesia dan didefinisikan sebagai ucapan atau kiasan yang dibesar-besarkan yang dimaksudkan untuk memperoleh efek tertentu.
Jika dalam sastra kita menggunakan kalimat-kalimat yang hiperbolis bisa menimbulkan efek positif maka lain halnya dengan kata-kata yang bersifat lebay. Kata-kata yang disifati “lebay” oleh anak-anak muda bisa menimbulkan efek negatif seperti ditertawakan, diejek atau dicemooh.
Tapi diluar itu semua, kangmoes merasa berlebihan juga dengan mencari arti kata lebay di kamus besar bahasa indonesia.

2. dari m.detik.com dalam artikelnya yang berjudul “terlalu lebay adalah gangguan kepribadian”

detikcom – Jakarta, Setiap orang pasti ingin mendapatkan perhatian dari lingkungan sekitarnya, karena itu tak jarang jika seseorang melakukan segala hal agar bisa diperhatikan orang lain. Tapi jika kondisi ini sudah menetap dan menjadi pola emosi yang berlebihan dalam mencari perhatian, maka kemungkinan mengalami gangguan kepribadian histrionik.

Seseorang dengan gangguan ini memiliki keinginan yang besar untuk diperhatikan dan sering berperilaku secara berlebihan (dramatis) atau tidak tepat untuk mendapatkan perhatian, seperti pura-pura sakit agar bisa diperhatikan orang lain. Karena itu arti kata dari histrionik ini sendiri adalah dramatis atau teater.

Dalam banyak kasus, orang dengan gangguan kepribadian ini memiliki keterampilan sosial yang baik. Namun orang tersebut cenderung menggunakan keterampilan ini untuk memanipulasi orang lain sehingga ia bisa menjadi pusat perhatian. Seperti dikutip dari WebMD, Rabu (16/6/2010) ada beberapa tanda dari histrionik, yaitu:

  1. Memiliki perasaan tidak nyaman kecuali jika ia yang menjadi pusat perhatian.
  2. Terjadi perubahan emosi yang cepat.
  3. Beraksi sangat dramatis seperti sedang melakukan sebuah pertunjukan dengan emosi dan ekspresi berlebihan. Namun yang terlihat tampak seperti kurang ketulusan.
  4. Berusaha terus untuk mencari kepastian atau persetujuan dari lingkungannya.
  5. Bersikap menggoda atau berperilaku genit yang tidak pada tempatnya.
  6. Menjadi sangat sensitif terhadap kritikan dan ketidaksetujuan dari orang-orang disekitarnya.
  7. Memiliki kesulitan dalam menjaga hubungan, karena terkadang terlihat palsu dan dangkal saat berhubungan dengan orang lain.
  8. Tidak berpikir sebelum bertindak.
  9. Terkadang menjadi egois dan jarang menunjukkan kepedulian terhadap orang lain.
  10. Tiba-tiba menjadi perhatian terhadap penampilan fisik.
  11. Memiliki toleransi yang rendah terhadap frustasi serta mudah merasa bosan.
  12. Mengancam untuk melakukan tindakan bodoh seperti akan bunuh diri agar bisa mendapatkan perhatian.

Hingga kini penyebab pasti dari gangguan kepribadian ini belum diketahui dengan jelas. Tapi banyak ahli kesehatan yang mempelajari ada faktor keturunan yang turut memainkan peran dalam pengembangannya. Selain itu faktor lingkungan atau masa lalunya yang kurang kasih sayang juga bisa menjadi faktor pemicu gangguan kepribadian ini.

Jika gejala tersebut hadir, maka dokter akan mulai melakukan evaluasi terhadap riwayat medisnya secara lengkap dan juga pemeriksaan fisik. Sedangkan tes laboratorium yang dilakukan biasanya untuk menyingkirkan penyakit fisik yang memiliki gejala sama. Jika tidak ditemukan penyakit, maka seseorang akan direkomendasaikan ke psikolog atau psikiater.

Secara umum orang dengan histrionik mempercayai bahwa dirinya tidak membutuhkan terapi dan cenderung membesar-besarkan perasaannya untuk tidak menyukai rutinitas. Tapi orang ini akan mulai mencari bantuan jika sudah mengalami depresi yang kemungkinan terkait dengan tindakannya yang membuatnya tertekan.

3. menurut amienpesbuk dalam artikelnya “catatan si “lebay””
ternyata lebay adalah sebuah kata istilah yang kemunculannya dimulai sejak tahun 2006 yang berarti melebih-lebihkan diri sendiri tanpa memperdulikan tanggapan ataupun pertimbangan-pertimbangan yang ada ditengah masyarakat.

Dalam arti singkatnya, lebay bisa berarti Sombong / Egoistik / Terlalu berlebihan. Dalam berpendapat, mereka yang Lebay biasanya menanggap diri mereka yang benar dan apa yang menjadi sudut pandang ataupun pendapatnya sudah menjadi ketetapan yang sulit diubah lagi. Mereka yang Lebay, sulit untuk menerima pengakuan orang lain yang tidak dia sukai tentang dirinya. Sangat senang menerima apa yang menjadi harapannya dan menolak apa yang tidak dia sukai.

nah lhoo…. jadi pa ni arti kata lebay itu..??
hehehe.

lebay adalah ….. ?????????

Iklan

From → all in one

2 Komentar
  1. lebay adalah sejenis kuda tetapi lebih kecil dari kuda
    hahaha makanya orang lebay itu sperti kuda
    hahah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: