Skip to content

RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

10 April 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                : Sekolah Dasar Islam Terpadu Al- Ihsan

Mata Pelajaran                      : Pendidikan Agama Islam (Al- Qur’an)

Kelas/Semester                       : V (Lima) / 1 (Satu)

Waktu                                    : 15 Menit

I. Standar Kompetensi :

Mengartikan al- Qur’an surah pendek

 

II. Kompetensi Dasar :

  • Membaca QS. al- Lahab
  • Mengartikan QS. al- Lahab

 

III. Tujuan Pembelajaran :

    • Siswa dapat membaca QS. al- Lahab dengan benar
    • Siswa dapat mengartikan QS. al- Lahab dengan benar

 

IV. Materi Pokok:

Membaca dan Mengartikan QS. al- Lahab

 

ôM¬7s? !#y‰tƒ ’Î1r& 5=ygs9 ¡=s?ur ÇÊÈ   !$tB 4Óo_øîr& çm÷Ytã ¼ã&è!$tB $tBur |=|¡Ÿ2 ÇËÈ   4’n?óÁu‹y™ #Y‘$tR |N#sŒ 5=olm; ÇÌÈ   ¼çmè?r&tøB$#ur s’s!$£Jym É=sÜysø9$# ÇÍÈ   ’Îû $ydω‹Å_ ×@ö7ym `ÏiB ¤‰|¡¨B ÇÎÈ

1. Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan sesungguhnya dia akan binasa.

2. Tidaklah berfaedah kepadanya harta bendanya dan apa yang ia usahakan.

3. Kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak.

4. Dan (begitu pula) istrinya, pembawa kayu bakar.

5. yang di lehernya ada tali dari sabut.

V. Strategi Pembelajaran :

  • Pendahuluan

­   Guru mengucapkan salam serta membuka kegiatan belajar-mengajar dengan melafadzkan “Basmalah”.

­   Guru membacakan absensi kelas.

­   Guru memberikan apersepsi, selanjutnya membagikan lembaran kertas berisi QS. al- Lahab beserta artinya.

 

  • Kegiatan Inti

­   Guru meminta salah seorang siswa untuk membaca QS. al- Lahab.

­   Guru memperbaiki bacaan siswa yang kurang tepat, serta memberikan penjelasan mengenai hukum bacaan yang perlu ditekankan pada QS. al- Lahab.

­   Guru meminta seluruh siswa membacakan QS. al- Lahab.

­   Guru meminta salah seorang siswa untuk mengartikan QS. al- Lahab, kemudian diikuti siswa yang lain.

­   Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan QS. al- Lahab, kemudian guru menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan surah tersebut.

­   Guru memberikan permainan dengan cara menunjuk satu baris siswa untuk membacakan ayat 1, kemudian menunjuk barisan siswa yang lain untuk membacakan artinya. Begitu selanjutnya hingga ayat terakhir.

 

 

 

  • Penutup

­   Guru meminta dua orang siswa untuk membacakan QS. al- Lahab beserta artinya di depan kelas.

­   Guru meminta salah seorang siswa untuk menyimpulkan materi di depan kelas, kemudian dibantu oleh guru.

­   Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin do’a.

­   Guru menutup kegiatan belajar-mengajar dengan melafadzkan “Hamdalah” dan diakhiri dengan salam.

 

VI. Alat dan sumber :

  • Alat :

­   Whiteboard,

­   Spidol,

­   Media pembelajaran ( karton dan lembaran kertas ).

  • Sumber :

­   Fauzi A.G, Moh. 2008. Saya Ingin Menjadi Anak Saleh, Pendidikan Agama Islam Untuk Kelas V Sekolah Dasar. Bandung : Grafindo Media Pratama.

­   Al- Qur’an Tajwid dan Terjemahannya. 2006. Jakarta : Departemen Agama Republik Indonesia.

 

VII. Evaluasi

Iklan
Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: